cover
Contact Name
Prananda Anugrah
Contact Email
jurnalbelantika@gmail.com
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
jurnalbelantika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembawan 2, 4B/23 Sawojajar 2 Malang, Jawa Timur-65145, Indonesia
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Belantika Pendidikan
Published by Kayon Media
ISSN : -     EISSN : 27209601     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational Education Economics Education Primary Education Physics Education Business and Management Education Sport Education Language Teaching Arabic Language Teaching Fine Art Teaching Accounting Economics Sciences History Education Civic (law, constitution) Education Education in general
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018)" : 5 Documents clear
Genre Analysis of International Conference Paper Abstracts Djuwari Djuwari
Belantika Pendidikan Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.676 KB) | DOI: 10.47213/bp.v1i2.22

Abstract

The study consists of two parts. The first is to describe the moves, the language function, the most dominant language function, and verbs of process function in the abstracts. The second is to explain how the linguistic elements (grammatical categories), three modalities (certain, probable, and possible), and the non-linguistic elements support the rhetorical and logical moves and the language functions operating in the abstracts. As it is a genre analysis of international conference paper abstracts, the data were taken from the specific discourse community of international conference paper abstracts of SEAAIR conference. Theoretically, this study contributes to a fuller understanding of research on genre of international conference paper abstracts, particularly written by the discourse community of SEAAIR.
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Asam Basa Fatimah Zahri
Belantika Pendidikan Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.324 KB) | DOI: 10.47213/bp.v1i2.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Perbedaan retensi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajar LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimen semu. Temuan penelitian adalah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Tes retensi pertama dan kedua menunjukkan bahwa retensi siswa model pembelajaran LC-6 lebih baik daripada retensi siswa model pembelajaran konvensional.
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Fauzzudin Fauzuddin
Belantika Pendidikan Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.803 KB) | DOI: 10.47213/bp.v1i2.24

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan lebih mendalam tentang kepemimpian kepala sekolah pada dua Sekolah Menengah Atas dan satu Madrasah Aliyah Negeri berprestasi di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, ob-servasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transfor-masional yang diterapkan oleh kepala sekolah sangat efektif dalam menciptakan sebuah sekolah menjadi berprestasi.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Idi Rathomy Baisa
Belantika Pendidikan Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.364 KB) | DOI: 10.47213/bp.v1i2.25

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis. Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pretest-posttest Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis dan adanya pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis web memiliki nilai 14,33% lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan Lembar Kegiatan Siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Ditinjau dari Kemampuan Dasar Matematika Dina Lestari
Belantika Pendidikan Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.665 KB) | DOI: 10.47213/bp.v1i2.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA bagi siswa yang belajar dengan pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional dan mengetahui siswa yang mempunyai kemampuan dasar matematika tinggi, lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai kemampuan dasar matematika rendah. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) desain faktorial 2 x 2. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran dan kemampuan dasar matematika. Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA bagi siswa yang belajar dengan pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional dan mempunyai kemampuan dasar matematika tinggi lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai kemampuan dasar matematika rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5